Kopi Arabika Java Cikuray, Kesegaran Buah Persik dari Tanah Padjajaran

Kopi Cikuray
Freepik.com

Ada kesegaran tak terduga dari  Cikuray.

Cikuray atau Cikurai sejatinya dalah nama sebuah gunung yang berada di kabupataen Garut, Jawa Barat. Tanah kekuasaan kerajaan Padjajaran, kerajaan di masa lampau yang kemasyhurannya sudah begitu kondang.

Untuk lokasi tepatnya, Gunung Cikuray berada di  Desa Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilayu. Jika melalui perjalanan darat dari Bandung, Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam, sedangkan dari Tasikmalaya hanya sekitar 2 jam.

Gunung yang memiliki ketinggian  2.821 meter ini merupakan gunung tertinggi urutan keempat  di Jawa Barat.  Sementara Gunung tertinggi di Jawa Barat adalah  Gunung Ciremai dengan ketinggian 3.078 m  yang berada di perbatasan Kuningan dan Majalengka. Kemudian disusul oleh Gunung Pangrango dan Gunung Gede yang masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Sejarah Gunung Cikuray.

Kopipetani.com
Wikipedia.com

Awalnya nama gunung ini bukanlah Cikuray.

Menurut para ahli sejarah, gunung ini awalnya bernama Gunung Larang Srimanganti. Di lereng gunung ini terdapat tempat yang disebut Mandala, yakni tempat dimana para pendeta bermukim. Karena adanya para pendeta ini, Mandala jadi semacam “tempat menuntut ilmu” untuk banyak orang yang ingin mendapatkan ilmu dari para pendeta tersebut.

Adanya kaum cendekiawan di daerah tersebut membuat banyak prasasti ataupun catatann sejarah yang terdokumentasikan dengan baik. Tercatat seseorang sering menulis adalah Kai Raga. Tulisan Kai Raga yang ada dalam bentuk kolofon ini masih tersimpan dengan baik di Situs Kabuyutan Ciburuy.

Kopi dari Gunung Cikuray.

freepik.com

Wilayah Gunung Cikuray adalah wilayah subur.

Tak Cuma kaya akan ilmu, wilayah ini juga kaya akan unsur hara yang membuat banyak tanaman bisa tumbuh dengan subur. Iklim Gunung Cikuray dan sekitarnya dikategorikan sebagai daerah beriklim tropis basah (humid tropical climate). Curah hujan di sekitar Gunung Cikuray mencapai 3500-4000mm dengan kalkulasi bulan basah 9 bulan dan bulan kering 3 bulan dan juga variasi temperatur dari 10º C hingga 24º C.

Kondisi alam Gunung Cikuray ini sangat cocok untuk tanaman kopi terlebih jenis kopi arabika. Perlu diketahui jenis kopi arabika perlu perlakuan khusus dan kondisi alam yang subur supaya bisa tumbuh dengan optimal. Meski memiliki kondisi terentu yang relatif tidak mudah, namun ini sebanding dengan kayanya cita rasa saat menikmati kopi jenis arabika.

Cita Rasa Kopi Cikuray.

Kopi Petani
Freepik.com

Rasa segar jadi kesan pertama saat menikmati kopi Cikuray.

Kesegaran ini kita dapatkan dari aroma buah peach (persik) yang cukup menyengat, selain buah peach, kita juga akan menemukan sensasi rasa buah lain, yaitu buah blueberry. Sensasi luar biasanya tak berhernti sampai di situ, kita juga akan menemukan sedikit manis seperti manisnya madu saat menyesap kopi ini.

Kopi Cikuray ini merupakan kelompok kopi  Java Preanger, kopi nikmat yang sudah mendapat pengakuan dunia sejak masa kolonialisme belanda dan dikenal sebagai “a cup of java”. Popularitas Kopi Java Preanger ini masih cukup kuat hingga saat ini dan terbukti telah mendapatkan pengakuan dari organisasi kopi internasional  SCAE (Speciality Coffe Association Europe).

Kopi Cikuray

Setelah membaca artikel ini, pasti kalian tertarik untuk menikmati kesegaran dari kopi arabika Java Cikuray, tapi tentu kalian ingin kopi dengan kualitas terbaik, tak perlu ragu lagi, Kopi Arabika Java Cikuray adalah pilihan terbaik untuk kalian jika ingin menikmati segarnya kopi dari Gunun Cikuray.

Kunjungi terus kopipetani.com, untuk dapatkan informasi menarik mengenai kopi, teh, cokelat dan banyak hal menarik lainnya.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*