Cold Brew, Cara Seduh Kopi Tanpa Air Panas

freepik.com

Kata siapa seduh kopi harus pakai air panas ?

Dari beragam metode kopi yang sudah kita bicarakan, kita selalu menggunakan metode seduh dengan air panas, ada juga untuk kopi yang disajikan dingin, penambahan  es dilakukan setelah kopi tersebut diseduh dengan air panas.

Artikel ini akan memperkenalkanmu pada cara lain untuk menyeduh kopi, yaitu dengan menggunakan air dingin atau biasa disebut cold brew. 

Sejarah Cold Brew. 

freepik.com

Ada selisih paham mengenai asal usul Cold Brew. 

Beberapa orang mengatakan jika cold brew berasal dari Jepang, beberapa lainnya mengatakan berasal dari Jerman. Mengingat budaya kopi yang tumbuh begitu kuat di Eropa dan dibuktikan dengan banyaknya penemuan terkait kopi seperti French Press dan Mazagran, pasti kalian lebih percaya jika metode ini berasal dari Jerman. 

Namun, dokumen tertua yang telah mencatat mengenai cold brew ini berasal dari Jepang, sekitar tahun 1600 an, Jepang sudah mengenal metode cold brew dan menamainya dengan “Kyoto”, sesuai dengan nama kota tempat kopi jadi begitu populer di Jepang. 

Orang Jepang di masa tersebut, akan menyeduh kopi dingin selama berjam-jam, kemudian mengekstrak setiap rasa dari biji kopi; mereka bahkan menemukan mesin elegan untuk menyeduh kopi di ruang publik. Mereka menciptakan semacam pertunjukan dari proses cold brew ini, dengan membiarkan setiap butiran air menetes ke bawah dan melewati ampas kopi. 

Meski ada catatan sejarah jika cold brew sudah ditemukan sejak lama di Jepang, namun masih banyak yang meragukan jika orang Jepang sendiri yang menemukan metode tersebut, diperkirakan jika orang Jerman yang  memperkenalkannya di Jepang, lalu cold brew menjadi begitu populer di negeri matahari terbit tersebut. 

Cita Rasa Cold Brew Coffee. 

healthline.com

Metode berbeda  akan mendapatkan rasa yang berbeda. 

Dari metode Cold Brew ini, kita akan mendapatkan kopi dengan rasa yang lebih manis dan lembut, karena proses perendamannya membutuhkan waktu yang lama, tapi tentu ini sesuai dengan cita rasa dari masing-masing kopi. 

Proses perendaman yang lama ini, juga membuat tingkat keasaman kopi menurun, hal ini tentu sangat baik untuk kalian yang memiliki masalah asam lambung, karena keasamannya yang rendah, maka kalian akan merasa nyaman saat mengkonsumsi kopi dengan metode cold brew ini. 

Dalam melakukan metode cold brew, kita membutuhkan jumlah kopi yang lebih banyak, rasio antara  kopi dan air pada metode ini adalah sekitar 1:10 hingga 1 : 15. Artinya dalam 1 gram kopi dibutuhkan air sebanyak 10 gram. 

Karena jumlah kopi yang dibutuhkan relatif lebih banyak dari jumlah kopi dengan metode biasa, maka kandungan kafeinnya juga menjadi lebih tinggi, dengan adanya tambahan sensasi dingin dan kafein yang lebih tinggi, maka kopi ini sangat cocok untuk kalian minum sebelum berolahraga.

Langkah Membuat Kopi dengan Cold Brew. 

freepik.com

Langkah membuat kopi dengan metode cold brew sangat mudah. 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan bubuk kopi dan air dingin, kemudian siapkan juga wadah yang bisa ditutup rapat, beberapa tempat telah menyediakan wada khusus untuk membuat kopi dengan metode cold brew, tak perlu risau, dengan menggunakan botol air mineral saja sudah cukup. 

Kemudian tuangkan bubuk kopi kedalam wadah tersebut dan tambahkan dengan air, jangan lupa memperhatikan rasionya, seperti yang kita bicarakan diatas jika rasio ideal untuk cold brew adalah 1:10 hingga 1:15. 

Tutup wadah tersebut dengan rapat dan kemudian simpan di lemari es selama 8-12 jam, setelah itu  saring kopi dengan menggunakan wadah lain. 

Cold Brew Coffee siap dinikmati. 

Ada beragam kopi dengan cita rasa unik yang bisa kamu coba gunakan untuk metode cold brew di Kopi Petani, kunjungi terus kopipetani.com untuk dapatkan informasi menarik lainnya mengenai kopi. 

Pustaka :

eldoradocoffe.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*