8 Manfaat Luar Biasa dari Konsumsi Teh Hitam

Freepik.com

Si Hitam yang kaya manfaat

Jika selama ini kita sering membicarakan kopi, kesempatan ini kita akan membicarakan si hitam lainnya yang juga memiliki beragam manfaat seperti halnya kopi. Sebelumnya jika kalian ingin membandingkan mana yang lebih baik antara teh  atau kopi kalian bisa membacanya di “Kopi atau Teh, Minuman Mana yang Lebih Sehat”.

Berikut 8 Manfaat Luar Biasa dari Konsumsi Teh Hitam :

1. Menyehatkan Pencernaan

Unsplash.com

Senyawa Antioksidan polifenol sangat bermanfaat untuk usus.

Kandungan senyawa ini mendukung tumbuhnya bakteri baik di dalam usus serta membantu menghambat tumbuh dan berkembangnya bakteri jahat seperti jenis Salmonella. Di samping itu, teh ini juga memiliki kandungan antimikroba yang bisa membunuh zat di dalam usus yang berbahaya. Sehingga lapisan saluran pencernaan dapat diperbaiki dan fungsi kekebalan tubuh dapat meningkat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Via Freepic.com

Kekebalan tubuh kamu akan terjaga setelah kamu rutin konsumsi teh hitam

Teh hitam diketahui memiliki kandungan antigen dan senyawa tanin di dalamnya. Kedua kandungan ini memiliki fungsi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak berhenti sampai disitu saja, kandungan tersebut juga mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit akibat dari virus.

3. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Freepik.com

Antioksidan sangat berperan dalam menghalau radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi akan kamu jumpai dalam teh hitam. Senyawa antioksidan itu adalah polifenol, thearubigin, katekin dan theaflavin. Jika teh hitam dikonsumsi secara rutin, kandungan antioksidan tersebut bisa menjadi pelindung untuk kamu dari penyakit kronis yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker, jantung, diabetes, hipertensi dan semacamnya.

4. Melindungi Jantung

Salah satu fungsi antioksidan adalah mampu melindungi organ vital kita

Organ vital tersebut adalah jantung. Jika jantung sudah mengalami kerusakan maka akan banyak hal buruk terjadi pada tubuh kita. Lebih spesifik jenis antioksidan yang bisa menjaga fungsi jantung ini adalah senyawa flavonoid.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Freepik.com

Fluoride adalah senyawa yang berfungsi memperkuat tulang dan gigi.

Kalian akan menemui kandungan fluoride yang tinggi pada teh hitam. Kandungan fluoride pada teh hitam ini memang paling tinggi dibandingkan jenis teh hitam lainnya. Fluoride ini mampu menjaga gigi supaya tidak berlubang serta membuat tulang kita menjadi lebih kuat.

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Freepik.com

Ada banyak penyakit serius bersumber pada mulut.

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut adalah hal yang sangat penting. Kandungan polifenol pada teh hitam mampu menghancurkan bakteri merugikan dalam mulut yang bisa menyebabkan plak atau masalah lain pada gigi.

7. Menurunkan Resiko Diabetes

freepik.com

Rutin konsumsi teh hitam akan membuatmu terhindar dari diabetes.

Sudah banyak riset mengenai teh hijau yang telah terbukti mengurangi resiko terkena diabetes. Akan tetapi, perlu diingat jika konsumsi teh hitam ini tanpa menggunakan gula. Gula adalah penyebab utama dari penyakit diabetes yang jadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.

8. Mencegah Kanker

Freepik.com

Salah satu penyakit kronis yang mampu dihalau teh hitam adalah kanker,

Hal ini disebabkan karena teh hitam kaya akan polifenol catechi, salah satu jenis senyawa antioksidan ini  mampu dalam mencegah beberapa  jenis kanker tertentu dan sebuah riset pernah menunjukan jika wanita yang rajin minum teh hitam dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

Dengan segudang manfaat yang kamu temui dalam teh hitam, tentu kamu tidak ragu lagi dalam mengkonsumsi teh hitam, jika kalian menginginkan teh hitam dengan kualitas terbaik, maka kalian hanya bisa mendapatkannya di Teh Premium Kopi Petani.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*