Kopi Sebagai Fat Burner dalam Program Penurunan Berat Badan

Via Unsplash.com
Unsplash.com

Berat badan berlebih adalah masalah besar.

Tak hanya membuat penampilan tidak menawan, namun ada  banyak penyakit yang mengintai saat kita memiliki berat badan berlebih, mulai dari obesitas, stroke, diabetes, dan  lainnya.

Ada banyak program diet atau penurunan berat badan, namun banyak orang melupakan komponen penting dalam program penurunan berat badan ini.

Apakah  Itu  ?

Melakukan Olahraga ?

Menjaga Pola Makan ?

Benar adanya jika dua hal diatas adalah hal penting dalam penurunan berat badan, karena  untuk bisa berhasil melakukan penurunan berat badan dibutuhkan 75 % pola makan yang sehat dan 25 % olahraga yang dilakukan, namun itu saja tidak cukup, ada satu komponen penting yang harus ada dalam program penurunan berat badan ini.

Kopi Sebagai Fat Burner.

Komponen penting tersebut adalah kopi, minuman yang disukai banyak orang ini, ternyata adalah minuman pembakar lemak (fat burner) dan telah terbukti efektif dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi kopi adalah  komponen penting dalam program penurunan berat badan, karena merupakan bagian dari menjaga pola makan dan juga melakukan olahraga, namun ingat kopi yang kita bicarakan disini adalah kopi tanpa gula, karena kopi yang sudah ditambah gula, memiliki nilai kalori yang tinggi, sehingga konsumsi kopi dengan gula akan merusak pola makan sehat yang anda lakukan.

Memang jika dilihat dari persentase, pola makan memiliki persentase yang lebih besar daripada olahraga, namun bukan berarti mengabaikan olahraga, karena  tanpa adanya olahraga, program penurunan berat badan tidak bisa dilakukan secara optimal.

Kafein Menjaga Glikogen.

Lantas mengapa kopi bisa menjadi fat burner dan komponen penting dalam penurunan berat badan ?, kandungan senyawa kafein yang ada dalam kopi inilah yang membuat kopi menjadi fat burner, kafein yang merupakan senyawa dominan pada kopi dan memberikan rasa pahit saat kita mengkonsumsi kopi ini ternyata juga memiliki manfaat lain, yaitu mampu menjaga cadangan glikogen.

Glikogen adalah bentuk cadangan energi dari makanan yang telah kita konsumsi dan disimpan dalam otot, dengan adanya kafein yang menjaga cadangan glikogen dalam otot, maka energi kita saat berolahraga tidak akan mudah habis dan kita tidak mudah lelah, dengan kondisi tubuh yang tidak mudah lelah, maka kita menjadi bisa berolahraga lebih lama dan membakar lemak lebih efektif.

Unsplash.com

Berdasarkan Riset.

Nutrion and Metabolism, situs jurnal akademis dari Amerika Serikat, dalam studinya di tahun 2013 menemukan jika mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, membuat tubuh lebih berenergi saat melakukan aktifitas yang membakar lemak.

Efek dari kopi tidak hanya berhenti sampai disitu, kopi juga mempercepat pemulihan otot setelah melakukan olahraga, menurut hasil riset dari Journnal Of Strength Condition, mereka yang  mengkonsumsikopi,  satu jam sebelum melakukan angkat beban, mengalami masa pemulihan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Sudah banyak orang yang melakukan program penurunan berat badan dan menjadikan kopi sebagai “bahan bakar” mereka sebelum berolahraga, hasilnya mereka dapat berolahraga lebih optimal, mereka dapat mengangkat beban yang lebih berat saat fitness dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh saat berlari.

Freepik.com

Mengetahui manfaat luar biasa dari kopi ini, pasti anda menginginkan untuk mulai mengkonsumsi kopi, awas jangan salah pilih kopi, sajian kopi terbaik yang dapat anda gunakan sebagai fat burner hanya bisa anda dapatkan di Kopi Petani.

Referensi

 

 

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Diabetes !? Cegah dengan Konsumsi Kopi. | Kopi Petani

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*