Drip Bag Coffe vs Kopi Instan, Mana yang Lebih Baik ?

Kopi Petani
Freepik.com

Drip Bag Coffe itu seperti kopi instan.

Penjelasan singkat untuk drip bag coffe memang demikian, namun bukan berarti drip bag coffe atau drip bag filter  itu bisa disamakan begitu saja dengan kopi instan.

Drip bag coffe sejatinya adalah alat yang menggunaka metode  pour over seperti halnya V60 Dripper, bisa pula mengatakan jika Drip Bag Coffe ini adalah bentuk sederhana dari V60 Dripper, dengan kertas filter yang tidak perlu ditambahkan alat yang membentuk sudut 60 derajat.

Sedangkan kopi instan adalah jenis kopi yang sudah dikeluarkan dalam bentuk produk siap pakai yang biasa kita kenal sebagai Kopi Renceng atau Kopi Sachet.Untuk menikmati kopi instan, kita tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Sudah jelas bukan perbedaan antara Drip Bag Coffe dan Kopi Instan. Satunya metode, satunya produk, tapi umumnya jika membeli paket Drip Bag Coffe kita akan mendapat kemasan kopi yang murni bukan kopi instan.

Perbedaan Rasa.

Unsplash.com

Kopi instan memiliki rasa yang standar.

Sebenarnya bisa saja kalian menggunakan Drip Bag untuk membuat kopi instan yang kalian buat, tapi hal tersebut tidak mengubah rasa kopi instan tersebut jadi lebih nikmat atau cita rasa yang berbeda, karena kopi instan sudah memiliki standar rasa yang tidak bisa banyak diubah.

Berbeda dengan kopi murni, yang kalian grinder sendiri, kalian akan menemukan kesegaran rasa dan bica mengeksplorasi beragam cita rasa dengan menggunakan beragam metode, bisa mendapatkan rasa yang  lebih oily jika menggunakan French press, bisa pula mendapatkan rasa yang lebih clean jika menggunakan V60 Dripper.

Kemurnian.

Unsplash.com

Kopi pada Drip Bag Coffe sudah terjamin kemurniannya.

Bicara kemurnian, maka kalian bisa menilai kopi instan yang kalian beli itu benar-benar terbuat dari kopi atau tidak., Dalam kemasannya  memang kopi ini mengatakan jika dia benar-benar terbuat dari kopi asli, tapi kalian lihat harganya, apakah mungkin menjual kopi murni dengan harga semurah itu.

Berbeda dengan ground coffe (kopi bubuk) yang kalian dapatkan dari drip bag coffe, kemurnian dari kopi yang kalian dapatkan dari kopi ini tentu terjamin, bisa saja jika kalian ingin mendapatkan jaminan yang lebih mengenai kopi ini, kalian bisa membeli coffe bean (kopi bijian) dan kemudian menggilingnya sendiri.

Kemudahan.

Freepik.com

Menikmati kopi instan dapat dilakukan dengan mudah.

Jika bicara mengenai kemudahan, maka sudah pasti kopi instan lebih unggul, seperti yang kita bahas diatas, hanya menambahkannya dengan air panas, maka kita bisa menikmati kopi begitu saja.

Drip bag coffe butuh perlakuan yang sama seperti saat kita menyeduh kopi dengan metode lainnya, Drip Bag Coffe ini butuh suhu antara 80-90OC, jika suhu terlalu rendah maka  rasa kopi tidak akan keluar, jika suhu terlalu tinggi maka kopi akan gosong.

Kopi instan sudah memiliki rasa standar, perbedaan suhu untuk air, selama air tersebut masih panas, tidak akan banyak berarti. Karena rasa yang dimiliki sudah standar.

Pemenangnya adalah.

Kopi Petani
Freepik.com

Kamu bebas memilih antara kopi instan dan drip bag coffe.

Kopi instan dan Drip Bag Coffe memiliki keunggulannya masing-masing, jika kamu memang suka dengan hal yang instan, kamu bisa memilih kopi instan, kopi ini bisa cepat dinikmati, namun kamu tidak bisa mengeksplorasi cita rasa yang ada pada kopi.

Drip Bag Coffe adalah solusi bagi kamu yang memang sudah menyukai mengeksploarsi cita rasa kopi, namun sedang butuh menikmati kopi dengan cara yang lebih ringkas.

Kunjungi terus kopipetani.com, untuk dapatkan info menarik mengenai kopi, teh dan cokelat.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*