Cokelat atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi ?

health.cleveland.clinic.com

Baik kopi maupun cokelat memiliki beragam manfaat. 

Tapi manakah dari kedua minuman yang berasal dari buah ini yang lebih sehat dan bermanfaat jika kita rutin konsumsi. tulisan ini akan mencoba mengulas, manakah yang lebih sehat dan lebih baik untuk dikonsumsi apakah kopi atau cokelat. 

Antioksidan. 

coffeafection.com

Antioksidan adalah senyawa yang sangat baik bagi tubuh. 

Senyawa ini bisa melindungi kita dari radikal bebas sehingga mencegah kita terkena kanker atau penyakit kronis lainnya, fungsi luar biasa dari antioksidan lainnya adalah mampu melindungi tubuh dan sel DNA kita sehingga tidak terjadi kerusakan. 

Menurut penilitian yang dilakukan di tahun 2013, kopi memiliki jumlah senyawa antioksidan yang jauh lebih banyak daripada cokelat. Tidak hanya cokelat, dari penelitian tersebut kopi terbukti memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi diantara anggur, teh dan cokelat. 

Kafein.

freepik.com

Kafein memang sangat identik dengan kopi. 

Faktanya bukan hanya kopi yang memiliki kandungan kafein, ada banyak minuman yang juga memiliki senyawa kafein dan memberikan efek stimulan serupa dengan kopi.

Baik kopi ataupun cokelat, memang sama-sama mengandung kafein, namun seperti halnya antioksidan, jumlah kafein pada kopi lebih tinggi daripada cokelat, jumlah kafein pada kopi bisa mencapai 200 miligram dalam satu cangkir, sedang cokelat hanya sekitar 70-90 miligram. 

Sterol dan Flavanols.

Freepik.com

Dua senyawa ini hanya bisa kita temui pada cokelat. 

Jika kafein dan antioksidan adalah senyawa yang bisa kita temui baik dalam kopi maupun cokelat, ada beberapa senyawa yang hanya dimiliki oleh cokelat, senyawa ini adalah sterol dan flavanols. 

Kedua senyawa ini memiliki fungsi dapat menjaga kesehatan jantung dan mampu menurunkan kolesterol serta menjaga tekanan darah dalam kondisi stabil. 

Katekin. 

Sejarah Kakao
Freepik.com

Katekin adalah senyawa fenol alami.

Senyawa ini cukup banyak ditemukan pada pada teh dan cokelat, tapi tidak ditemukan dalam kopi, senyawa ini mampu yang dapat meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh.

Pelepasan oksida nitrat ini akan memberikan efek positif pada tubuh kitaa sehingga kita bisa merasa lebih segar. Efek lain dari senyawa ini bisa memberikan perasaan nyaman dan tenang berbeda dengan kopi yang lebih memberikan efek “bersemangat”. 

Mana yang Lebih Baik ? 

health.cleveland.clinic.com

“Keduanya (kopi dan cokelat)  menyimpan banyak efek positif untuk kesehatan ketika dikonsumsi dengan tepat,” ungkap ahli gizi Aakriti Arora.

Jika kalian bertanya mana yang lebih sehat, maka jawabannya adalah keduanya sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tapi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu untuk mengkonsumsinya tanpa menggunakan gula yang berlebihan atau lebih baik lagi jika tanpaa gula. 

Baik kopi atau cokelat memiliki rasa dasar yang pahit, namun banyak orang yang kurang suak dengan rasa pahitnya tersebut dan memilih untuk menambahkan gula atau bahan pemanis lainnya sehingga malah mengurangi bahkan sampai menghilangkan manfaat dari cokelat dan kopi ini. 

Gula dan pemanis lainnya yang ditambahkan pada kopi atau cokelat malah akan mengurangi manfaat yang kita dapatkan dari kopi atau cokelat, parahnya kita bisa terkena diabetes atau obesitas karena konsumsi gula berlebih. 

Jika kalian ingin mendapatkan manfaat dari cokelat dan kopi ini, maka kalian bisa memesan kopi dan cokelat kualitas terbaik dari Kopi Petani

Pustaka :

Detikfood

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*